SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Ampuh Melawan Ngantuk Saat Bekerja

Rasa ngantuk saat bekerja bisa dianggap sesuatu yang wajar. Karena kondisi ini mungkin saja terjadi pada setiap karyawan, terutama saat jam genting atau selepas makan siang.


Penyebabnya pun beragam. Bisa disebabkan oleh kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar monitor, atau bisa juga karena kurangnya jam tidur saat malam.


Meski bisa dimaklumi, mengantuk ketika sedang bekerja tetap saja tidak bisa dibenarkan. Karena sebagai kalangan profesional, seorang pekerja tentu berkewajiban untuk menyelesaikan setiap tanggung jawab yang ada selama jam kerja berlangsung.


Karena bukan tidak mungkin, rasa ngantuk yang dialami bisa membuat ritme kerja menjadi terganggu. Akibatnya, produktivitas karyawan jadi menurun, dan tugas yang diberikan urung diselesaikan.


Baca juga : Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja


Untuk itu, sebagai karyawan yang baik, menjaga kondisi tetap prima selama bekerja merupakan hal yang mesti dilakukan. Seperti menjaga waktu istirahat, mengatur pola makan, hingga melakukan aktivitas ringan untuk melawan rasa ngantuk tersebut.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat ngantuk menyerang di jam bekerja. Yang tentu saja cara-cara ini bertujuan untuk mengembalikan lagi semangat bekerja agar tanggung jawab yang diberikan bisa dikerjakan sesuai deadline.


5 Cara Melawan Ngantuk Saat Bekerja


Mendengar Musik Tempo Cepat

Mendengarkan musik saat bekerja kerap dilakukan banyak orang sebagai hiburan. Namun terkadang, musik dengan irama terlalu slow malah bisa membuat seseorang larut dalam rasa ngantuk.


Solusinya bisa coba untuk mendengarkan musik dengan tempo yang lebih cepat. Karena selain menghibur, musik cepat bisa meningkatkan gairah untuk lebih semangat. Sehingga rasa ngantuk yang hinggap bisa tealihkan.


Baca juga : Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman


Tidur Siang Saat Jam Istirahat

Berikutnya bisa juga memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk tidur sebentar. Kamu bisa menyiasatinya dengan membawa bekal dari rumah agar tidak membuang banyak waktu mencari makan siang di luar.


Selesai makan, coba istirahatkan badan sejenak sambil memejamkan mata. Tak perlu lama-lama. Tidur selama 20 - 30 menit cukup untuk memberikan energi yang telah terkuras setelah bekerja setengah hari.


Namun jangan lupa untuk memasang alarm agar tidak kebablasan. Nanti bukannya menyelesaikan pekerjaan, malah dapat teguran dari atasan. 


Jalan-Jalan Di Area Kantor

Rasa ngantuk juga bisa dilawan dengan membuat tubuh aktif bergerak. Caranya dengan berjalan-jalan di sekitar area kantor untuk memberikan stimulus pada aliran darah agar tubuh tidak merasa lemas.


Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut


Selain menghilangkan ngantuk, aktivitas tersebut juga bisa membuat mata menjadi lebih segar. Karena setelah sekian jam menatap layar monitor, mata pastinya juga butuh penyegaran dengan melihat banyak hal di sekitar.


Konsumsi Cemilan Sehat

Cara yang satu ini tentu saja lebih digemari oleh sebagian besar orang. Cemilan memang kerap menjadi teman karyawan saat menyelesaikan pekerjaan.


Namun saat rasa ngantuk datang, sebaiknya hindari aneka cemilan yang manis dan berlemak. Karena selain tidak baik untuk kesehatan, cemilan tersebut juga malah bisa memperparah rasa ngantuk yang ada.


Sebaiknya konsumsi ragam cemilan yang menyehatkan. Seperti buah, yogurt, kacang-kacangan, atau salad. Selain bikin kenyang, cemilan tersebut dijamin ampuh mengusir ngantuk.


Cuci Muka Menggunakan Air Dingin

Ini cara terakhir yang bisa dilakukan jika rasa ngantuk tak kunjung hilang. Kamu bisa pergi sebentar ke toilet dan cuci muka dengan air dingin.


Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja


Air dingin bisa memberikan efek kejut yang cukup bagi mata yang mengantuk. Sehingga bisa memberikan kesegaran untuk kembali beraktivitas dengan penuh keceriaan.


Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk melawan rasa ngantuk ketika bekerja. Karena merupakan sebuah tanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu memang perlu dilakukan sebagai bentuk nyata dari etos kerja karyawan.


Juga sebagai cerminan dari budaya baik yang ditanamkan perusahaan dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

1926
Tags
SERA