SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Panggilan interview kerja tentu jadi momen yang cukup dinanti bagi orang-orang yang baru saja mengirim lamaran. Karena pada momen ini, calon karyawan berkesempatan tatap muka langsung dengan perekrut untuk menyampaikan segala potensi yang jadi nilai jualnya.


Saat proses interview, biasanya perekrut akan menanyakan hal-hal dasar hingga krusial kepada calon karyawan yang dihadapinya. Proses ini bertujuan untuk memastikan karyawan bersangkutan cocok untuk mengisi posisi kosong di perusahaan tersebut.


Sehingga calon karyawan harus betul-betul membuat persiapan yang matang. Agar saat sesi tanya jawab berlangsung, setiap jawaban yang disampaikan, dapat merefleksikan kualitas dan potensi yang dipunya.


Apalagi, terkadang ada beberapa pertanyaan yang cukup krusial seperti pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri. Meski terdengar biasa, nyatanya banyak calon karyawan yang justru terjebak dan keliru dalam memberikan jawaban.


4 Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan


Agar sukses melewati proses interview, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan saat interview kerja.


Baca juga : Bocoran Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Dilontarkan HRD


Menjawab Kelebihan Diri


Kenali Potensi Diri

Identifikasi kelebihan-kelebihan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Pilih kelebihan-kelebihan yang paling membedakan Anda dari kandidat lainnya, seperti keterampilan teknis, kepemimpinan, komunikasi yang baik, atau kemampuan bekerja dalam tim.


Kasih Contoh Spesifik

Sertakan contoh konkret yang mendukung kelebihan Anda. Ceritakan pengalaman atau prestasi yang mencerminkan kelebihan tersebut. Misalnya, jika kelebihan Anda adalah kepemimpinan, berikan contoh ketika Anda berhasil memimpin sebuah proyek yang sukses.


Relevan dengan Pekerjaan

Jelaskan bagaimana kelebihan Anda akan berkontribusi pada perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Hubungkan kelebihan Anda dengan tugas dan tanggung jawab yang mungkin Anda hadapi dalam pekerjaan tersebut.


Jujur dan Realistis

Jangan terlalu memuji diri sendiri atau berbohong tentang kemampuan yang sebenarnya tidak dimiliki. Jawablah dengan jujur dan realistis tentang kelebihan yang dimiliki. Misalnya, "Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dalam tim dengan baik."


Baca juga : Cara Nego Gaji Saat Pertama Kali Melamar Kerja


Menjawab Kekurangan Diri


Jujur dan Positif

Jadilah jujur dan mengenali kekurangan-kekurangan yang relevan dengan pekerjaan. Pilih kekurangan yang bukan hal mendasar atau kritis untuk pekerjaan yang Anda lamar. Melainkan itu sesuatu yang dapat dimaklumi dan Anda bisa memperbaikinya.


Jangan takut mengungkapkan kekurangan yang dimiliki, namun pastikan untuk menyampaikannya dengan positif. Misalnya, "Saya masih perlu meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris, namun saya sedang berusaha untuk mengikut kursus bahasa Inggris."


Kasih Solusi

Sampaikan solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya, "Saya sedang belajar untuk menguasai software baru yang dibutuhkan dalam pekerjaan."


Jika kekurangan Anda adalah minimnya pengalaman dalam suatu bidang, ceritakan bagaimana Anda telah mengikuti pelatihan atau kursus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan keahlian tersebut.


Tunjukan Minat Belajar

Tekankan bahwa Anda memiliki sikap pembelajaran yang positif dan kemauan untuk terus belajar dan berkembang. Tunjukkan bahwa Anda menganggap kekurangan sebagai peluang untuk meningkatkan diri dan bahwa Anda siap untuk menghadapi tantangan.


Baca juga : Saat Interview Kerja, Hindari Beberapa Hal Ini


Sembunyikan Kekurangan Bersifat Penting

Pastikan kekurangan yang diungkapkan bukanlah kekurangan yang sangat penting dan krusial dalam pekerjaan yang dilamar. Sebagai contoh, jika melamar pekerjaan sebagai akuntan, jangan ungkapkan bahwa kamu sangat buruk dalam matematika.


Dengan menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan dengan baik, tentu akan memberi kesan positif pada perekrut untuk membuat peluang diterima di perusahaan tersebut menjadi lebih besar.


Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

3915
Tags
SERA