SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal LCL, Istilah Logistik dalam Pengiriman Barang

Apa itu LCL?

Dalam kegiatan logistik kita sering mendengar istilah LCL yang merupakan singkatan dari Less than Container Load. Istilah itu berarti bahwa pengiriman barang dalam jumlah yang kurang dari kapasitas penuh sebuah kontainer.


LCL bisa jadi solusi efektif untuk pengiriman barang dalam skala yang lebih kecil yang tidak memiliki cukup barang untuk mengisi seluruh ruang kontainer.


Dengan kata lain, LCL bisa menjadi pilihan bagi perusahaan atau individu yang ingin mengoptimalkan biaya pengiriman dan meningkatkan efisiensi dalam proses operasional yang dijalani.


Secara garis besar, LCLC punya banyak keuntungan. Terlebih, jika hal itu dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan kecil atau individu yang ingin mengirim barang pesanan pada konsumen secara langsung.


Baca juga : Memasuki Tahun Politik, Begini Proyeksi Pertumbuhan Sektor Logistik


Keuntungan LCL dalam Logistik


Efisiensi Biaya

Dengan berbagi ruang kontainer bersama pengirim lain, maka biaya pengiriman tentu jadi lebih terjangkau. Ketimbang harus memaksa menggunakan kontainer secara mandiri padahal barang yang dikirim tidak sebanyak ruang kontainer yang ada.


Lebih Fleksibel

LCL juga lebih fleksibel dalam volume pengiriman. Karena tidak ada keleluasan penggunaan ruang kontainer sesuai dengan barang yang dikirim perusahaan. LCL memberi fleksibilitas yang tinggi dalam proses pengiriman barang.


Dengan begitu, LCL tentu jadi solusi yang tepat bagi pengusaha UMKM. Serta, solusi pengiriman barang dengan volume pengiriman yang dinamis dan berubah setiap saat. Sebab, pengirim dapat mengatur pengiriman sesuai kebutuhan tanpa khawatir tentang kelebihan kapasitas kontainer.


Mempermudah Ekspansi Internasional

Dengan sistem LCL maka akses ke layanan pengiriman global juga jadi lebih mudah. Ini menjadi solusi yang ideal bagi perusahaan yang ingin memperluas jangkauannya ke pasar internasional tanpa harus menghadapi kendala biaya pengiriman yang mahal.


Kemudahan dalam Pengiriman

Sebagian besar pelaku layanan LCL menawarkan pilihan pengiriman barang secara door to door, sehingga memberi kemudahan yang lebih bagi pengiriman.


Baca juga : Proyeksi Bisnis Logistik Di 2024, Siap-Siap Cuan


Tantangan Penggunaan LCL

Meski terdapat sederet keuntungan yang ada, namun penggunaan LCL ternyata punya sejumlah tantangan. Salah satunya, membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama, sebab dalam LCL dibutuhkan waktu untuk mengumpulkan dan mengkonsolidasi barang dari berbagai pengirim.


Meski begitu, keuntungan yang didapat juga lebih besar dibanding tantangan yang dihadapi. Hal itu juga tergantung dari perusahaan layanan logistik yang menyediakan layanan LCL tersebut.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Baca juga : Mengenal Jasa Logistik Dan Perbedaannya Dengan Freight Forwarding


Apa saja Layanan SELOG?


Shipping Services

Merupakan jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.


Shipping Agency

Merupakan jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.


Layanan Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.


Warehouse and Yard Management

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.


WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.


Baca juga : Mengenal Jenis Kapal Kargo Sebagai Alat Transportasi Logistik


Courier Services

Merupakan jasa pengiriman ekspres perusahaan untuk mengirimkan paket dengan kendaraan yang sesuai kebutuhan. Ada beberapa layanan pengiriman yang tersedia. Sperti pengiriman same day, next day, dan regular service.


Serta layanan khusus VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket/barang berat yang terlalu besar bila dikirimkan dengan layanan kargo biasa.


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang dimiliki termasuk SELOG, silahkan mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


Untuk informasi lebih lengkap dan rinci, pelanggan bisa mengakses situs dengan alamat https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/perusahaan-logistik-pengiriman-cargo


530
Tags
SELOG