SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kapan THR Lebaran 2024 Cair? Begini Aturan dari Pemerintah

Bagi karyawan, momen hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang ditunggu. Sebab, pada hari besar keagamaan umat islam itu, cuti bersama diberlakukan sehingga bisa dimanfaatkan untuk kumpul bareng keluarga besar, sanak saudara maupun teman.

Terlebih, pada saat Lebaran, perusahaan tempat bekerja akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR). Seperti diketahui, THR merupakan hak karyawan dan menjadi kewajiban perusahaan pemberi kerja untuk memberikannya beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri atau Lebaran tiba.

Aturan tentang Pembayaran THR

Soal kewajiban pembayaran THR kepada karyawan itu sejatinya telah diatur dalam Pasal 79 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021. Bahkan di pasal itu pula ditegaskan, perusahaan akan dikenakan sanksi bila tidak memberikan THR kepada pekerjanya.

Sanksi yang diberikan bisa bermacam-macam dan bertingkat mulai dari teguran hingga pembekuan operasional. Dengan demikian, dalam kewajiban pemberian THR ini perusahaan tidak bisa menganggap remeh atau menghindar dengan berbagai alasan.

Namun, soal besaran THR yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung masa kerja karyawan yang bersangkutan.

Baca juga : Kriteria Pekerja Yang Berhak Dapat Thr Lebaran Dan Besarannya

Dalam peraturan itu ditegaskan kalau THR diberikan kepada pekerja yang sudah bekerja di perusahaan minimal satu bulan atau lebih, serta pekerja yang memiliki perjanjian hubungan kerja dengan pengusaha selama paruh waktu tertentu ataupun tidak tentu.

Bagi pekerja yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih, diberikan THR sebesar gaji satu bulan. Sedangkan untuk pekerja yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional, sesuai perhitungan jumlah bulan masa kerja dibagi 12 bulan dan dikali besaran gaji satu bulan.

Jumlah gaji satu bulan untuk pekerja atau buruh yang memiliki perjanjian kerja harian lepas dapat dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum Idul Fitri.

Bila pekerja harian memiliki masa kerja kurang dari 12 bulan, maka gaji satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima setiap bulan selama masa bekerja.

Waktu Pembayaran THR

Adapun untuk waktu pemberian THR kepada karyawan, ditetapkan paling lambat H-4 Lebaran. Meski umumnya, perusahaan memberikannya pada H-10.

Persoalan pemberian THR ini sekilas memang sederhana, tetapi dalam kenyataannya sering menjadi persoalan yang menyebabkan terjadinya sengketa antara karyawan dengan perusahaan.

Baca juga : Marak Tren Resign Setelah Lebaran, Kenapa Ya?

Bahkan, gugatan hukum juga tidak jarang dilayangkan ke perusahaan yang dianggap tidak memenuhi ketentuan pemberian THR tersebut.

Namun, persoalan seperti itu tentu tidak akan terjadi di perusahaan dengan sistem dan budaya kerja yang baik. Makanya, saat mencari lowongan kerja penting untuk mempelajari latar belakangnya. Pilih perusahaan  yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Baca juga : Lowongan Kerja SERA Grup Astra Maret 2024

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

291
Tags
SERA