SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Irit BBM Saat Mudik Dengan Mobil

Mobil jadi moda transportasi paling diminati oleh sebagian besar pemudik saat Lebaran. Selain punya daya angkut yang cukup besar, mobil juga dianggap paling fleksibel dari segi waktu dan rute perjalanan ketimbang transportasi umum.

Dari segi biaya juga relatif lebih hemat. Selain tarif tol, biaya utama mudik pakai mobil adalah konsumsi bahan bakar. Tapi kamu tahu nggak kalau konsumsi BBM bisa lebih irit dengan memperhatikan beberapa hal saat berkendara? Berikut diantaranya.

Baca juga: Begini Enaknya Mudik Pakai Mobil Rental

Perhatikan Tekanan Ban

Sering disepelekan, tekanan ban yang rendah atau kurang sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar karena menyebabkan gesekan lebih tinggi pada permukaan jalan dan membuat kerja mesin menjadi lebih berat.

Jadi, pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrik mobil dan selalu periksa sebelum berangkat. Periksa juga kondisinya secara berkala selama perjalanan untuk menghindari keausan berlebih atau kerusakan yang tidak terduga.

Gaya Mengemudi 

Mengemudi dengan cara yang efisien dapat membantu menghemat BBM. Untuk itu, hindari gaya mengemudi agresif (akselerasi atau pengereman mendadak) dan usahakan untuk menjaga kecepatan konstan semaksimal mungkin.

Bahan bakar akan banyak terbuang terutama saat menekan pedal gas secara agresif. Jika mobil dilengkapi sistem cruise control, gunakan fitur ini untuk menjaga kecepatan konstan di jalan tol atau jalan yang tidak terlalu banyak tikungan.

Baca juga : 5 Tips Usir Bosan Saat Macet Di Jalur Mudik

Rute Perjalanan

Perencanaan rute sebelum memulai perjalanan mudik sangat krusial dalam membantu menghemat BBM. Pertimbangkan untuk berangkat saat lalu lintas cenderung lebih lengang.

Gunakan GPS atau aplikasi peta untuk membantu menemukan rute paling efisien dan terhindar dari kemacetan lalu lintas yang menjadi penyebab utama BBM boros dan waktu tempuh lebih lama.

Kecepatan Mobil

Selain berbahaya dan melanggar aturan lalu lintas, mengemudi dengan kecepatan yang terlalu tinggi dapat meningkatkan konsumsi BBM akibat hambatan udara yang lebih besar.

Umumnya, konsumsi BBM paling irit dicapai pada kecepatan 60 km/jam hingga 100 km/jam. Pertahankan kecepatan tersebut untuk menjaga konsumsi bbm tetap irit.

Penggunaan AC Mobil

AC mobil dengan setelan suhu yang terlalu rendah, dapat menyebabkan konsumsi BBM boros karena kompresor harus bekerja ekstra untuk mencapai suhu dingin tersebut. Kerja kompresor AC yang terlalu berat itu akhirnya akan membebani performa mesin.

Sebaiknya, setel AC dengan suhu sedang (antara 24 hingga 26 derajat Celcius) agar kompresor AC tidak bekerja terlalu berat dan suasana interior pun cukup terasa sejuk.

Baca juga : 7 Mobil Paling Irit Yang Cocok Buat Mudik

Saat melewati daerah pegunungan yang berhawa sejuk, ada baiknya untuk membuka kaca jendela dan mematikan AC agar sirkulasi di dalam mobil juga jadi lebih baik.

Bobot Muatan

Bobot muatan berlebihan juga dapat membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Untuk mengurangi bobot berlebih, hindari membawa barang yang tidak perlu dan terlalu berat.

Kalau harus membawa banyak barang, pastikan menempatkannya secara merata dan teratur, serta pastikan juga bobotnya sesuai dengan kapasitas bagasi mobil.

Oktan BBM

Pemilihan oktan bahan bakar yang tepat sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja mesin dan menghemat konsumsi bahan bakar. Pastikan untuk menggunakan jenis BBM yang disarankan oleh pabrikan mobil.

Karena menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan lebih rendah, beresiko membuat kinerja mesin jadi tidak maksimal, sehingga konsumsi BBM lebih boros dan dalam jangka panjang bisa merusak mesin.

Matikan Mesin 

Saat berhenti dalam waktu yang cukup lama, seperti istirahat di rest area, sebaiknya matikan mesin mobil demi menghemat bahan bakar. Selain itu cara ini juga bisa mencegah mesin mobil jadi overheat karena terlalu lama digunakan.

Baca juga : Jangan Mudah Tergiur, Kenali Modus Penipuan Rental Mobil Di Musim Liburan

Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi BBM saat perjalanan mudik. Nggak cuma menghemat pengeluaran biaya, tips ini juga pastinya bikin perjalanan lebih aman dan nyaman.

Biar lebih hemat lagi, kamu bisa rental mobil untuk mudik lebaran kali ini. Selain lebih leluasa pilih jenis mobil sesuai kebutuhan, kamu juga nggak perlu pusing dengan urusan perawatan rutin mobil.

Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.

TRAC punya layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi. Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Buat aktivitas harian, kamu bisa pilih mobil irit BBM seperti Agya, Ayla, Avanza hingga Innova. Pilihan mobil selengkapnya cek disini.

Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC, mulai dari sewa bus pariwisata, sewa mobil bulanan, airport transfer hingga sewa motor perusahaan, kamu bisa mengunjungi situs resmi TRAC www.trac.astra.co.id

121
Tags
TRAC