SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Hal Yang Perlu Dihindari Saat Berdiskusi Dengan Rekan Kerja

Diskusi merupakan sebuah bentuk komunikasi yang jamak terjadi dalam lingkungan kerja. Baik untuk mempermudah proses pekerjaan, maupun membahas strategi yang akan dilakukan agar dapat mencapai tujuan perusahaan.


Baca juga : Cara Ampuh Melawan Ngantuk Saat Bekerja


Yang biasanya berawal dari pembahasan rencana pekerjaan, hingga pada langkah-langkah detail serta berbagai persiapan agar bisa menerapkan arahan dari pimpinan tim sesuai waktu yang telah ditentukan.


Momen diskusi ini juga bisa dibilang sebagai langkah awal saat pemantapan rencana kerja. Yang melibatkan seluruh anggota tim, untuk menyampaikan setiap ide yang relevan dengan target yang akan dicapai.


Meski dalam prosesnya, selalu ada saja pro dan kontra atas setiap gagasan yang disampaikan. Meski begitu, diskusi harus tetap berjalan, agar masing-masing individu dapat memahami betul rencana yang akan dilakukan. Sehingga tidak ada langkah yang menyimpang, yang bisa saja malah justru merugikan perusahaan.


Sehingga menjadi sebuah hal yang wajar jika dalam proses diskusi terjadi sebuah perdebatan. Asalkan apa yang diperdebatkan memiliki pijakan yang jelas, yakni demi kepentingan bersama. Bukan menunjukan ego hingga berlarut dan berujung pada permusuhan.


Baca juga : Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berdiskusi dengan rekan kerja. Seperti menghormati pendapat satu sama lain, atau tidak memotong pembicaraan saat ada rekan yang tengah menyampaikan pendapatnya.


Namun di samping itu, ada berbagai hal penting juga yang perlu dihindari saat proses diskusi. Demi menghindari konflik berkepanjangan yang bisa saja merusak ritme pekerjaan.


5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sedang Diskusi


Terlalu Bertele-Tele

Saat sedang menyampaikan pendapat, usahakan untuk fokus pada hal yang sedang didiskusikan saja. Jangan berbicara terlalu panjang lebar, apalagi jika tidak ada kaitannya dengan topik yang dibahas.


Sampaikan pendapat Anda secara cermat, singkat dan akurat. Sehingga rekan kerja Anda tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk mencerna maksud dan tujuan Anda menyampaikan hal demikian. 


Baca juga : Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman


Agresif Saat Menyampaikan Gagasan

Semangat saat menyampaikan pendapat boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Anda tidak perlu terlihat dominan untuk memastikan apa yang Anda sampaikan didengar oleh peserta diskusi.


Karena bersikap terlalu agresif saat diskusi bukan hanya membuat bisa membuat suasana menjadi tegang, tapi juga bisa mengganggu kenyamanan sesama rekan, apalagi kalau sampai ada yang merasa terintimidasi. Jadi sebaiknya sampaikan gagasan dengan cara yang santun, tak perlu berapi-api.



Tidak Berdasarkan Fakta

Tak peduli sehebat apapun cara penyampaian Anda saat diskusi, jika tidak sandingkan dengan informasi yang jelas, pendapat itu bisa dengan mudah terbantahkan.


Jadi biasakan untuk menggali fakta yang ada sebelum menyampaikan gagasan. Agar apa yang Anda sampaikan tidak ngelantur yang bisa saja malah jadi bahan tertawaan.


Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut


Cuek Dengan Pendapat Orang Lain

Sesama rekan kerja harus saling menghargai pendapat masing-masing, terlebih saat diskusi. Saat ada rekan yang tengah menyampaikan pendapatnya, pastikan untuk selalu menyimaknya dan menghindari aktivitas lain yang bisa mendistraksi. Sehingga Anda bisa saling bertukar pikiran demi tercapainya target pekerjaan.



Membawa Masalah Pribadi

Meski kelihatannya sepele, namun masih banyak orang yang lupa dan kerap membawa masalah pribadi ke dalam forum diskusi.


Sebagai kalangan profesional, Anda tidak perlu memberi tahu bagaimana perasaan Anda hari itu dan masalah-masalah apa yang sedang terjadi.


Selama proses diskusi berlangsung, sampaikan saja gagasan-gagasan Anda secara bijak, dan jangan larut dalam emosi perasaan Anda yang abstrak.


Apalagi jika sebelumnya Anda punya masalah dengan rekan kerja yang juga hadir dalam diskusi tersebut. Sebaiknya bersikap biasa saja, dan tidak perlu terpancing agar tidak saling menyerang satu sama lain.


Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja


Itulah beberapa hal sederhana yang perlu dihindarkan saat diskusi dengan rekan kerja, demi kenyamanan proses kerja dan tercapainya tujuan perusahaan.


Proses diskusi dalam sebuah tim penting dilakukan, sebagai bentuk koordinasi nyata dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

3702
Tags
SERA