SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Mengatasi Pekerjaan Menumpuk Sebelum Ditinggal Mudik

Mengatasi pekerjaan menumpuk kerap jadi masalah tersendiri bagi karyawan jelang liburan. Aplagi menjelang lebaran biasanya banyak karyawan yang sudah membuat rencana mudik ke kampung halaman. Terlebih bagi karyawan perantau, sudah pasti momen mudik lebaran ini tak akan terlewatkan. Untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga yang telah lama tak jumpa.


Baca juga : Ikuti Cara Ini Untuk Menjaga Keseimbangan Antara Kerja dan Ibadah Saat Puasa


Namun, sebelum pergi mudik lebaran, ada satu kewajiban yang tidak boleh terlewatkan. Ya, meninggalkan meja kerja dengan setumpuk pekerjaan. Karena selain terlihat kurang profesional, hal itu juga malah bisa membuat Anda menjadi tidak tenang sepanjang libur lebaran.


Biar tidak menjadi beban, sebaiknya selesaikan dulu semua tugas dan tanggung jawab agar cuti lebaran Anda juga segera mendapat approval atasan.


Kalau bingung harus memulainya dari mana, ada beberapa cara mengatasi pekerjaan menumpuk yang bisa diterapkan. Yang pastinya akan bikin Anda jauh lebih nyaman meninggalkan kantor selama pergi mudik lebaran.



4 Tips Mengatasi Pekerjaan Menumpuk


Susun Daftar Pekerjaan Prioritas

Agar lebih terstruktur, Anda bisa membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan. Cara ini akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam mengelola waktu dalam menghadapi tugas yang bertumpuk.


Baca juga : Konsumsi Ini Saat Sahur Dan Buka Puasa Agar Tetap Konsen Bekerja


Sebaiknya dahulukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah mepet dengan tenggat waktu. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas lainnya dengan lebih santai dan tanpa tekanan.


Atau, Anda juga bisa membuat daftar pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitannya. Selesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu karena tidak memerlukan banyak waktu.


Cara ini pasti sangat membantu, selama Anda konsisten mengerjakan pekerjaan sesuai prioritas yang telah dibuat.


Hindari Multitasking

Cara menyelesaikan pekerjaan menumpuk selanjutnya adalah dengan selalu fokus mengerjakan satu tugas terlebih dahulu. Jika Anda terbiasa mengerjakan banyak tugas secara berbarengan, untuk saat ini hindari dulu kebiasaan tersebut.


Karena percuma Anda telah membuat daftar prioritas, tapi tidak mengerjakannya secara fokus dan cermat. Khawatirnya, proses kerja multitasking malah menjadi bumerang yang justru membuat pekerjaan Anda terbengkalai, karena tidak ada satupun yang terselesaikan.


Baca juga : Tips Menjaga Produktivitas Kerja Saat Puasa


Jangan Mudah Terdistraksi Dengan Hal Lain

Cara paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyingkirkan hal-hal yang bisa mengganggu ritme kerja Anda, seperti seperti bermain handphone dan sosial media.


Dengan begitu, Anda akan bisa jauh lebih fokus sehingga pekerjaan bisa lebih cepat diselesaikan. Karena percaya atau tidak, salah satu alasan yang membuat pekerjaan seseorang menumpuk adalah lantaran terlalu mudah terdistraksi.


Jadi saat pekerjaan sudah kadung menumpuk, jangan lagi melakukan kesalahan yang sama ya. Sebagai antisipasi, Anda bisa menyimpan handphone di tas atau laci terlebih dahulu. Agar fokus Anda tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.


Istirahat Sejenak Disela Bekerja

Meski harus kerja ekstra, namun jangan sampai lupa untuk beristirahat sejenak disela waktu bekerja. Hal itu penting dilakukan, untuk memastikan energi Anda tidak terkuras yang bisa membuat stres karena porsi kerja yang terlalu berlebihan.


Baca juga : Cara Ampuh Melawan Ngantuk Saat Bekerja


Anda bisa coba melakukan peregangan, atau berjalan sejenak di sekitar area kantor untuk mendapatkan udara segar. Jika sudah mendapatkan kondisi yang lebih baik, Anda bisa kembali ke meja kerja dan selesaikan pekerjaan yang sempat tertunda.


Karena percuma saja memaksakan kondisi tubuh yang sudah lelah untuk menghadapi pekerjaan yang menumpuk, Anda pasti tidak akan bisa fokus mengerjakannya. Bagaimanapun juga, menjaga kesehatan fisik dan mental harus jadi prioritas yang utama.


Itulah beberapa cara mengatasi pekerjaan menumpuk yang bisa coba diterapkan sebelum pergi mudik lebaran. Karena merupakan sebuah tanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu memang perlu dilakukan sebagai bentuk nyata dari etos kerja karyawan.


Juga sebagai cerminan dari budaya baik yang ditanamkan perusahaan dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.


Baca juga : Hal Yang Perlu Dihindari Saat Berdiskusi Dengan Rekan Kerja


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin membuka lowongan kerja dan melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

1790
Tags
SERA