SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Konsumsi Ini Saat Sahur Dan Buka Puasa Agar Tetap Konsen Bekerja

Salah satu hal yang kerap menjadi tantangan saat puasa bagi seseorang adalah menjaga konsentrasi ketika bekerja. Karena tak bisa dipungkiri, dalam kondisi tubuh yang kekurangan asupan, tubuh terasa lebih lemas karena minim energi yang membuat aktivitas menjadi terbatas.


Baca juga : Tips Menjaga Produktivitas Kerja Saat Puasa


Alhasil, tidak sedikit orang yang menjadikan alasan tadi untuk mengabaikan tugas dan tanggung jawabnya di tempat kerja. Padahal, sama seperti puasa, bekerja juga merupakan bagian dari ibadah, sehingga keduanya harus dapat jalan berbarengan. Jangan mengalahkan salah satunya.


Kunci utama untuk menjaga performa kerja adalah menjaga kadar nutrisi dalam tiap asupan saat sahur dan buka puasa. Karena sebagai pasokan energi utama bagi tubuh, setiap makanan yang dikonsumsi akan berdampak langsung pada aliran darah dan oksigen ke otak. Sehingga konsentrasi dapat selalu terjaga.


Untuk itu, selama bulan puasa penting juga memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan lapar mata, yang akhirnya abai dengan kandungan nutrisinya.


Ada beberapa makanan yang bisa dicoba, yang bukan hanya sehat tapi juga diyakini bisa menjaga tingkat konsentrasi selama berpuasa.


Baca juga : Cara Ampuh Melawan Ngantuk Saat Bekerja


5 Makanan Yang Bisa Menjaga Konsentrasi


Cokelat Hitam

Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli pada 2015 ditemukan fakta bahwa mengkonsumsi cokelat hitam dengan kandungan lebih dari 50% kakao membuat kinerja otak meningkat. Sehingga jadi lebih waspada dan penuh perhatian.


Bahkan disebutkan juga kalau dua cangkir coklat yang rutin dikonsumsi setiap hari selama sebulan penuh, dapat memperbaiki aliran darah ke otak. Dengan begitu daya ingat akan jadi lebih baik dan tingkat konsentrasi jauh lebih stabil.


Anda bisa coba untuk merutinkan konsumsi coklat ini saat berbuka atau sahur. Jika biasanya saat buka puasa lebih memilih sirup yang begitu manis, mulai sekarang coba beralih dengan meminum cokelat hitam yang kaya dengan nutrisi tersebut.


Baca juga : Hal Yang Perlu Dihindari Saat Berdiskusi Dengan Rekan Kerja


Pisang

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada 2008 menemukan bahwa seorang siswa yang mengonsumsi buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja otak yang lebih baik dibandingkan dengan siswa lain yang tidak mengonsumsi.


Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti potasium, kalium, serat, zat besi, hingga magnesium, pisang bisa jadi alternatif makanan penutup ketika sahur. Sehingga saat tiba di tempat kerja, otak akan jauh lebih siap karena telah mendapat asupan nutrisi yang cukup dari pisang tadi.



Telur

Identik dengan makanan favorit anak-anak, ternyata telur punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Selain kaya akan protein, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam telur diyakini bisa meningkatkan kinerja otak. Seerti daya ingat, fokus, hingga memperbaiki suasana hati.


Apalagi, telur juga mengandung kolin, nutrisi vitamin B yang berfungsi untuk menjaga selaput otak agar terus berkembang lebih baik.


Baca juga : Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja


Ikan Salmon

Semua jenis ikan tentunya baik untuk dikonsumsi. Namun, pada ikan salmon terdapat kandungan yang dampaknya bisa dirasakan langsung pada fungsi otak, seperti mencegah penurunan kognitif, membangun sel-sel baru, hingga memperkuat sinapsis yang berkaitan langsung dengan memori di dalam otak.


Bahkan, kandungan protein dalam ikan salmon juga diyakini bisa menjaga otak tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.



Blueberry

Studi pada 2010 yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa orang-orang yang meminum jus blueberry setiap hari bisa meningkatkan kinerja otak dan memori atas setiap aktivitas yang dijalankan.


Bahkan senyawa antioksidan yang terkandung dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak. Jadi, jangan lupa mengonsumsi blueberry saat sahur atau berbuka ya.


Baca juga : Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman


Itulah beberapa makanan yang bisa Anda coba untuk menjaga konsentrasi kerja dalam kondisi berpuasa. Sehingga tidak lalai dengan tugas yang diberikan dan menjadikan puasa sebagai alasan. Karena menyelesaikan pekerjaan tepat waktu juga merupakan sebuah tanggung jawab yang memang perlu dilakukan sebagai bentuk nyata dari etos kerja karyawan.


Juga sebagai cerminan dari budaya baik yang ditanamkan perusahaan dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

2407
Tags
SERA