SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Menjaga Produktivitas Kerja Saat Puasa

Saat sedang menjalani ibadah puasa, tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya. Kondisi ini bisa dipahami lantaran, tubuh kekurangan asupan karena harus menghentikan aktivitas makan dan minum selepas sahur hingga waktu berbuka.


Baca juga : Hal Yang Perlu Dihindari Saat Berdiskusi Dengan Rekan Kerja


Alhasil, buat Anda yang harus beraktivitas di luar rumah seperti bekerja, menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang baik saat berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri. Karena tak jarang ada sebagian orang yang kerap menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. 


Apalagi sebagai seorang pekerja profesional, menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang ada, harus tetap dilakukan agar tidak mendapat teguran dari atasan. Anda harus tetap produktif agar rencana pekerjaan yang telah disusun bisa dijalankan sesuai waktu yang telah ditentukan.


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas kerja saat puasa. Seperti membuat daftar tugas yang harus diselesaikan, hingga melakukan olahraga ringan sebelum memulai pekerjaan. Berikut diantaranya.


Baca juga : Cara Ampuh Melawan Ngantuk Saat Bekerja


5 Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif Saat Puasa


Membuat Daftar Tugas Prioritas

Sebelum berangkat ke tempat kerja, sebaiknya buat beberapa catatan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu. Ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan setiap tugas yang ada, sehingga aktivitas di tempat kerja dapat lebih terstruktur dan selesai tepat waktu.


Anda juga bisa memanfaatkan fitur Google Calendar untuk mengingatkan catatan-catatan yang telah dibuat tadi, agar tidak ada satupun tugas yang terlewatkan.


Rutin Berolahraga Ringan

Kondisi tubuh yang bugar jadi modal penting untuk tetap produktif di tempat kerja. Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti peregangan tubuh atau stretching hingga jogging di sekitar area tempat tinggal.


Tak perlu lama-lama, Anda bisa melakukannya selama 15 hingga 30 menit saja. Jika rutin melakukan aktivitas tersebut, Anda akan jauh lebih semangat untuk tetap produktif di tempat kerja.


Baca juga : Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja


Penuhi Gizi Saat Makan Sahur dan Berbuka

Meski dalam kondisi mengantuk, usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur agar bisa mendapatkan energi yang cukup sebagai modal untuk beraktivitas seharian penuh. Perbanyak konsumsi makanan yang punya kandungan protein dan vitamin tinggi. Seperti ikan, daging, sayung, hingga buah-buahan.


Begitupun saat berbuka puasa. Jangan langsung kalap untuk menyerang makanan berat seperti nasi dan sejenisnya. Karena perut dalam keadaan kosong selama seharian, sebaiknya konsumsi makanan dan minuman manis terlebih dahulu untuk mengembalikan energi yang sempat hilang. 


Baca juga : Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman


Selesaikan Pekerjaan Penting Lebih Dahulu

Biasakan untuk mendahulukan pekerjaan yang penting di pagi hari ketika energi dan pikiran masih segar. Sebelum jam 1 siang, biasanya cadangan energi dalam tubuh masih cukup sehingga memungkinkan kita untuk lebih fokus dan bekerja secara optimal.


Tidur Sebentar Saat Jam Istirahat

Jika biasanya jam istirahat dihabiskan untuk makan siang, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak (power nap) selama 15-30 menit. Tidur siang sebentar dapat membantu mengembalikan mood dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.


Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas kerja ketika berpuasa. Karena merupakan sebuah tanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu memang perlu dilakukan sebagai bentuk nyata dari etos kerja setiap karyawan.


Juga sebagai cerminan dari budaya baik yang ditanamkan perusahaan dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


1850
Tags
SERA