SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Kalap, Ini Cara Bijak Menggunakan THR Saat Lebaran

Menjelang lebaran, ada satu momen yang selalu dinanti seorang karyawan selain rencana mudik ke kampung halaman. Ya, menanti uang THR (Tunjangan Hari Raya) mendarat di rekening tabungan. Maklum, saat lebaran akan banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan sedari jauh hari.



Baca juga : Begini Upaya Pemerintah Atasi Lonjakan Kendaraan



Pemerintah sendiri telah menetapkan aturan terkait pembayaran uang THR yang harus dipatuhi perusahaan. Untuk lebaran 2023, pemerintah menghimbau pembayaran THR dilakukan paling telat besok, 18 April 2023. Artinya, masih tersisa empat hari lagi untuk membelanjakan uang THR sesuai kebutuhan.


Namun, alih-alih membuat perencanaan dalam mengelola uang THR, banyak orang yang justru terjebak pada perilaku pemborosan. THR yang seharusnya digunakan secara bijak untuk berbagai keperluan, malah habis tanpa sisa dan tak karuan.


Padahal, selain digunakan untuk belanja kebutuhan lebaran, THR juga bisa dimanfaatkan sebagai tabungan untuk dana darurat jika suatu saat dibutuhkan. Atau, membeli produk investasi yang manfaatnya bisa dinikmati untuk jangka panjang.


Berikut ini beberapa cara bijak dalam menggunakan THR lebaran yang bisa coba Anda terapkan, agar THR tidak sekedar numpang lewat, tapi juga bermanfaat.



Baca juga : Ketahui Syarat Rental Mobil Lepas Kunci Untuk Mudik Lebaran



5 Tips Bijak Menggunakan THR Lebaran


Buat Rencana Pengeluaran

Sebelum membelanjakan uang THR untuk berbagai keperluan, sebaiknya buat rencana pengeluaran terlebih dahulu agar uang yang dibelanjakan dapat lebih terkontrol.


Anda bisa membuat daftar pengeluaran prioritas untuk belanja kebutuhan pokok lebaran, seperti membeli bahan masakan, kue kering, atau bingkisan lebaran yang akan dibagikan ke keluarga dan kerabat terdekat.


Untuk baju lebaran, jika tidak terlalu dibutuhkan bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Karena di lemari masih cukup banyak baju bagus yang sudah Anda beli namun tidak terpakai.


Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan uang THR untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting, ketimbang menghamburkannya dengan sia-sia.



Bayar Zakat

Saat menerima THR lebaran, jangan lupa untuk menunaikan kewajiban membayar zakat. Apalagi di bulan Ramadhan ini, ada zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim sebelum masuk hari raya idul fitri.


Sesuai dengan syariat islam, zakat fitrah harus dibayarkan dalam bentuk bahan makanan seperti beras atau gandum dengan takaran seberat 2,5 kilogram. Zakat fitrah ini bisa Anda santunkan secara langsung pada golongan orang yang berhak menerimanya. Seperti kaum dhuafa, janda tua, dan yatim piatu.



Baca juga : Ngabuburit Sambil Ikut Lelang Online, Bisa Auto Menang Pakai Cara Ini



Atau bisa juga menitipkannya pada pengurus masjid dan mushola di lingkungan tempat tinggal, untuk kemudian akan disalurkan pada kelompok mustahiq zakat tadi.


Selain menunaikan yang wajib, agar rejeki yang didapat semakin berkah, Anda bisa juga menyisihkan sedikit dari THR lebaran untuk bersedekah. Anda bisa alokasikan 2,5% dari penghasilan untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.



Sisihkan Sebagian Untuk Tabungan

Sebelum habis digunakan untuk pengeluaran yang sifatnya konsumtif, ada baiknya sisihkan sebagian dari THR lebaran sebagai tabungan. Alokasi ini bisa Anda gunakan sebagai cadangan dana darurat di kemudian hari,  atau membeli premi asuransi jiwa sebagai penjamin di masa tua.


Agar tidak tercampur dengan uang yang akan dibelanjakan, Anda bisa menyimpan sebagian uang yang akan ditabung pada rekening terpisah. Atau bisa juga digunakan untuk membeli produk investasi seperti reksadana. Selain menguntungkan, reksadana dianggap sebagai produk investasi minim resiko yang cocok untuk pemula.



Baca juga : Larangan Operasi Angkutan Logistik Diberlakukan Jelang Puncak Arus Mudik



Berbagi Dengan Anggota Keluarga

Setelah kebutuhan wajib dan alokasi tabungan telah terpenuhi, tidak ada salahnya untuk berbagai sedikit rejeki pada anggota keluarga, khususnya orang tua dan keponakan.


Apalagi momen bagi-bagi “angpao THR” sudah menjadi tradisi yang sangat melekat di Indonesia. Jadi, sudah pasti kehadiran Anda sangat dinanti saat kumpul keluarga dan silaturahmi.


Biar semakin menarik, Anda bisa memberikannya dalam balutan amplop lucu dan unik. Jangan lupa sertakan kartu ucapan karena telah berhasil menjalani Ramadhan dalam penuh keberkahan. 



Melunasi Hutang

Jika masih ada uang tersisa, coba ingat-ingat apakah ada hutang atau tagihan kartu kredit yang belum Anda lunasi. Kalau iya, Anda bisa mengalokasikannya untuk melunasi semua hutang dan tagihan tersebut.


Dengan begitu hidup Anda pasti akan jauh lebih tenang, dan bisa memperbaiki gaya hidup dan sebisa mungkin menghindari kebiasaan berhutang.


Itulah beberapa cara bijak menggunakan THR lebaran yang bisa coba Anda terapkan. Karena dengan kemampuan mengelola keuangan yang baik, Anda bisa terhindar dari segala perilaku pemborosan yang tentu saja sangat merugikan.


Baca juga : Demi Kenyamanan, Ini Rekomendasi Mobil Untuk Mudik Lebaran


Setelah fokus mengelola keuangan, jangan lupa juga untuk terus mengembangkan potensi demi mendapatkan kesempatan pekerjaan yang biasanya banyak bertebaran setelah lebaran.


Salah satunya PT Serasi Autoraya atau SERA yang rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

1909
Tags
SERA