SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ngabuburit Sambil Ikut Lelang Online, Bisa Auto Menang Pakai Cara Ini

Enaknya Ikut Lelang Online Bisa Sambil Nunggu Buka Puasa


Ngabuburit adalah istilah untuk masyarakat Indonesia saat berkegiatan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Nah kalau Anda memang sedang mencari mobil untuk mudik, bisa lho ngabuburitnya sambil ikutan lelang online. 


Baca juga : Jangan Mudah Tergoda, Pahami Dulu Untung Rugi Beli Barang Lelang


Selain dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa, lelang online juga punya cara yang bikin Anda bisa auto menang kalau ikut lelang online.


Lelang sendiri merupakan salah satu cara untuk membeli mobil bekas berkualitas dengan harga yang paling rasional dan fair. Sebab, umumnya, harga yang terbentuk dalam proses lelang berdasar penawaran-penawaran yang diajukan oleh sejumlah peserta.


Tentu, para peserta tersebut telah melihat berbagai sisi dari mobil yang bersangkutan. Selain itu, perusahaan lelang sebelum menggelar lelang mobil yang bersangkutan telah memberikan informasi lengkap terkait jatidiri mobil, yang umumnya dalam kondisi apa adanya.


Sehingga, harga yang terbentuk pada proses lelang itu fair. Meski. untuk memenangkan proses lelang juga bukanlah persoalan gampang.


Baca juga: Hati-Hati, Begini Ciri Modus Penipuan Lelang


Sebab, dalam proses ini, Anda dituntut untuk terus mengikuti pergerakan harga penawaran yang diajukan oleh peserta tahap demi tahap, dan bersaing mengajukan harga tertinggi.


Jika seorang peserta mengajukan tawaran dengan nominal tertentu, maka Anda harus mengajukan harga yang lebih tinggi dari mereka, agar bisa menang.


Hanya, yang perlu diingat, perlunya kesabaran dalam mengajukan penawaran. Jika terlalu emosional, dan mengajukan tawaran yang jauh lebih tinggi, maka bukannya untung tetapi malah buntung, karena harga mobil yang kita dapatkan ternyata lebih mahal dari semestinya.


Baca juga : Tips Dapat Mobil Dengan Harga Murah Di Balai Lelang


Ikut Lelang Online IBID

Namun, kondisi itu tidak akan terjadi jika Anda ikut lelang online di balai lelang PT Balai Lelang Serasi dengan merek dagang IBID.


Sebab, proses lelang di balai lelang yang juga anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) itu, menawarkan cara atau fitur penawaran (bidding) harga yang lebih mudah dan efektif bernama Auto BID. Fitur tersebut jadi salah satu unggulan aplikasi lelang online IBID.


Dengan fitur ini, penawaran harga yang diajukan lebih teratur dan terukur. Melalui fitur ini pula, kita bisa mengontrol diri karena telah menetapkan batas maksimal bidding dan besaran nominal harga setiap kali mengajukan bidding. Sehingga kita cukup memantau jalannya proses lelang.


Untuk menggunakannya cukup mudah. Caranya nyalakan fitur Auto BID yang tersedia pada layar, kemudian, masukkan nominal tertinggi untuk setiap penawaran dan batas maksimal total harga yang Anda inginkan untuk mobil yang dilelang tersebut.


Baca juga : Mobil Hingga Gadget, Sederet Barang Ini Bisa Dibeli Lewat Lelang Online


Misalnya, Anda ingin menaikkan tawaran dengan kelipatan Rp 500 ribu setiap kali penawaran dan batas harga tertinggi pada nominal tertentu.


Tetapi, jika ada peserta lain yang mengajukan tawaran lebih tinggi dari batas tertinggi tawaran Anda, dan Anda tetap ingin mengajukan tawaran lain, maka bisa diajukan secara manual.


Itulah tata cara menggunakan fitur Auto BID di lelang IBID. Fitur ini dapat digunakan di seluruh tipe lelang IBID misalnya Flash Auction. Fitur ini bisa digunakan saat mengikuti proses lelang baik melalui website maupun aplikasi IBID.


Metode Lelang Online IBID

Selain fitur Auto Bid, saat ini IBID juga memiliki tiga metode lelang online utama, yakni Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Live Auction

Live Auction merupakan tipe lelang real-time dimana setiap lot objek lelang tampil bergantian pada satu jadwal lelang yang telah ditetapkan. Ketika objek lelang itu tampil, maka para peserta lelang boleh memberikan penawaran terbaiknya hingga mencapai satu harga tertinggi.


Maka setelah peserta dengan penawaran tertinggi itu menang, IBID akan melanjutkannya dengan lot objek lelang selanjutnya. Metode lelang ini berbeda dibandingkan dengan Timed Auction dan Flash Auction


Timed Auction dan Flash Auction

Setiap objek lelang mulai pada waktu yang sama sesuai dengan jadwal lelang. Perbedaannya, Flash Auction memiliki durasi waktu yang pendek yaitu sekitar satu jam saja, sedangkan Timed Auction bisa beberapa jam hingga hari. 


Misalnya Timed Auction minggu ini terdapat 10 mobil bekas yang akan dilelang pukul 12:00 hingga 17:00 WIB. Semua mobil tersebut akan tampil serempak pada jam tersebut dan setelah lelang berakhir, barulah diputuskan siapa peserta yang berhak membawa pulang mobil bekas tersebut berdasarkan penawaran tertinggi.


Sedangkan untuk Flash Auction, misalnya terdapat 5 mobil yang dilelang pada jam 14:00 WIB sampai 15:00 WIB. Ada satu kelebihan Flash Auction yang tidak dimiliki oleh metode lelang lainnya, yaitu mobil bekas yang dilelang dalam Flash Auction bisa dikatakan fresh from the oven karena baru saja selesai diinspeksi oleh tenaga ahli Astra Car Valuation (ACV).


Baca juga : Ini Cara Menghindari Penipuan Mobil Bekas Di Balai Lelang


Dari sisi penitip lelang, mobil bekas yang di titip jual bisa lebih cepat laku. Sedangkan dari sisi peserta lelang bisa mendapatkan mobil bekas yang fresh. Hal ini berbeda dengan Timed Auction yang merupakan lelang terjadwal seperti Live Auction.


Keunggulan lain Flash Auction adalah tersedianya fitur Live Streaming dan Live Chat untuk peserta lelang. Setiap peserta lelang yang sudah memiliki NPL bisa menanyakan 10 pertanyaan mengenai detail kondisi mobil bekas kepada inspektor melalui fitur Live Chat.


Inspektor akan menunjukkan detail mobil bekas melalui Live Streaming dengan langsung mengarahkan kamera ke bagian yang ditanyakan oleh peserta lelang. 


Tertarik untuk mengikuti lelang di IBID? Unduh aplikasi IBID lewat Google Play Store dan Apple App Store atau kunjungi https://www.ibid.astra.co.id

1804
Tags
IBID