SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Buat Lamaran Kerja Online Agar Cepat Diterima

Cara buat lamaran kerja online yang baik dan tepat kini menjadi sebuah keahlian yang wajib dimiliki setiap orang. Sebab, kemampuan itu dapat mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.


Berbeda dari beberapa tahun sebelumnya, dimana pencari kerja harus menyiapkan dokumen-dokumen lamaran kerja yang diperlukan. Lalu mengirimnya secara langsung ke perusahaan yang dituju atau menggunakan layanan jasa pengiriman dokumen.


Namun dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, mengirim lamaran kerja menjadi jauh lebih mudah. Anda tidak perlu repot lagi mendatangi satu persatu perusahaan tujuan untuk sekedar menaruh dokumen lamaran.


Apalagi informasi lowongan kerja saat ini juga sudah tersebar luas di internet dan sangat mudah mendapatkannya. Yang tentu juga semakin memudahkan untuk mengirim lamaran tanpa batasan jarak dan waktu. Salah satunya menggunakan email.


Namun, sebelum menyebar lamaran ke berbagai perusahaan dengan email, kuasai dulu cara buat lamaran kerja online agar lebih menarik dan punya potensi besar untuk diterima.


Baca juga : Cara Menjawab Kelebihan Dan Kekurangan Saat Interview


5 Cara Buat Lamaran Kerja Online yang Menarik


Gunakan Alamat Email Profesional

Satu hal yang cukup krusial dan perlu diperhatikan sebelum mengirim lamaran kerja lewat email adalah alamat email yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan alamat email yang profesional salah satunya dengan menggunakan nama lengkap.


Meski terlihat sepele, nyatanya hal ini bisa memberikan dampak yang cukup besar pada lamaran kerja yang dikirim. Perusahaan dapat melihat Anda sebagai sosok yang profesional dan patut untuk mendapat kesempatan berkarir di sana.


Lampirkan Resume

Saat mengirim email, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang bisa dilampirkan sebagai referensi tambahan bagi perusahaan untuk mengenal lebih jauh tentang profil Anda. 


Baca juga : Bocoran Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Dilontarkan HRD


Kirim resume yang menjelaskan kalau Anda punya potensi dan kredibilitas yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Berikut beberapa resume yang bisa dilampirkan.


  • Curriculum Vitae (CV)

  • Ijazah

  • Sertifikat Pelatihan

  • Portofolio

  • Dokumen penting lain yang berkaitan dengan pekerjaan


Perhatikan Subject Email

Saat mengirim lamaran, tidak sedikit pelamar kerja yang terlupa mengisi subject email. Padahal, subject email jadi salah satu informasi penting yang akan terlihat saat perusahaan menerima lamaran Anda.


Meski terlihat spele, ternyata hal ini bisa menjadi cerminan untuk mengidentifikasi kualitas email yang dikirim. Jika subject tidak diisi, biasanya email akan dianggap sebagai spam yang tentu saja sulit terlihat oleh perekrut.


Kebanyakan perusahaan telah menetapkan format khusus di subject email. Untuk itu, sesuaikan subject sesuai dengan ketentuan yang ada. Namun, apabila tidak ada format khusus, gunakan format umum seperti Lamaran Kerja_Nama_Posisi yang dilamar.


Baca juga : Cara Nego Gaji Saat Pertama Kali Melamar Kerja


Kalimat Pembuka di Body Email

Dikutip dari merdeka.com menyampaikan beberapa kalimat pengantar pada bodi email juga merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Meski hanya sekedar formalitas, kalimat pengantar yang disampaikan bisa menjadi cerminan dari kualitas Anda agar terlihat profesional.


Gunakan kalimat yang formal dan sampaikan beberapa informasi penting secara sekilas tentang lamaran yang dikirim. Untuk mempermudah dalam membuatnya, berikut hal-hal penting yang lumrah disampaikan dalam kata pengantar.


  • Perkenalkan diri

  • Tulis posisi yang ingin Anda lamar

  • Cerita singkat mengenai pengalaman kerja

  • Ucapan terima kasih

  • Tulis nomor kontak Anda yang bisa dihubungi


Kirim Saat Jam Kerja

Meski hanya dikirim lewat email yang tanpa batasan waktu, Anda juga perlu mempertimbangkan kapan waktu terbaik untuk mengirimnya. Sebelum mengirim, cek kembali semua dokumen yang akan dikirim.


Baca juga : Saat Interview Kerja, Hindari Beberapa Hal Ini


Waktu terbaik untuk mengirimnya adalah saat jam kerja. Sehingga potensi lamaran diterima dan langsung dibuka oleh pihak HRD juga lebih besar. Anda bisa mengirim lamaran sekitar pukul 08.00-17.00 WIB. Jika baru menyelesaikannya di malam hari, sebaiknya simpan terlebih dahulu dan kirim esok hari.


Itulah beberapa informasi tentang cara buat lamaran kerja online agar cepat diterima. Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

2025
Tags
SERA