SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pahami ini Saat Menggunakan Shipping Agency

Apa itu Shipping Agency?

Kegiatan logistik punya peran penting dalam sebuah operasional bisnis., Salah satunya transportasi logistik pada proses distribusi barang. Tanpa transportasi logistik, proses alur pengiriman barang atau produk bisa terhambat.

Dalam industri logistik, proses distribusi barang dengan sarana transportasi itu disebut shipping. Dengan kata lain, shipping merupakan proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat, aman, dan efisien menggunakan sarana transportasi laut atau kapal. Untuk efisiensi bisnis, proses ini biasanya dijalankan oleh shipping agency.

Shipping agency merupakan perwakilan dari pemilik barang atau penyewa kapal untuk mengelola atau mengorganisir semua hal yang diperlukan. Sebab, tidak mungkin perusahaan pemilik kapal dapat mengurus semua keperluan dari penyewa.

Menggunakan jasa shipping agency bisa sangat menguntungkan karena lebih efektif dan efisien baik dalam hal waktu maupun biaya. Sebab, dengan menggunakan shipping agency maka urusan administrasi hingga perizinan bisa lebih cepat.

Baca juga : NLE Masih Jadi Fokus Pemerintah Untuk Pertumbuhan Logistik Di 2024

3 Tips Menggunakan Jasa Shipping Agency

Namun, sebelum memutuskan memilih menggunakan jasa shipping agency ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, periksa dan cermati jenis layanan yang mereka tawarkan. Biasanya shipping agency memiliki layanan dalam pengurusan kapal asing maupun domestik.

Pastikan Anda memahami betul dan secara jelas jenis layanan yang mereka sediakan, dan yang lebih penting pastikan apakah layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kedua, cermati tarif biaya dan perkiraan waktu layanan. Selain mempertimbangkan biaya yang kompetitif, waktu pengurusan berbagai persyaratan dan dokumen maupun perizinan lainnya juga bisa efisien. Hal itu perlu dilakukan agar proses bongkar muat bisa lebih cepat.

Pastikan juga bahwa biaya yang dibebankan sudah termasuk untuk semua layanan dan tidak ada biaya tambahan yang mungkin muncul diluar kesepakatan.

Ketiga, pilih perusahaan shipping agency terpercaya. Pilihlah perusahaan agency yang punya reputasi baik dan berkredibilitas tinggi.

Baca juga : Mengenal LCL, Istilah Logistik Dalam Pengiriman Barang

Pentingnya Memilih Shipping Agency Berpengalaman

Untuk itu, lakukan riset dengan melihat ulasan tentang perusahaan tersebut, atau minta rekomendasi teman yang pernah menggunakan layanan serupa.

Pastikan juga perusahaan yang dipilih telah berpengalaman di industri logistik. Pelajari secara teliti agar tidak terjebak dengan penyedia abal-abal dan tidak profesional.

Salah satu perusahaan logistik yang bisa jadi referensi terbaik adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA. Perusahaan yang juga bagian dari PT Astra International Tbk ini telah berpengalaman di industri logistik, dan dikenal baik reputasinya.

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.

Baca juga : Memasuki Tahun Politik, Begini Proyeksi Pertumbuhan Sektor Logistik

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.sera.astra.co.id/

93
Tags
SELOG