SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

7 Menu Makanan Sahur biar Nggak Gampang Lemas dan Ngantuk di Kantor

Saat ini umat muslim tengah memasuki bulan suci Ramadan. Bulan yang didalamnya terdapat kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Meski sedang dalam kondisi berpuasa, semua aktivitas harus  tetap berjalan seperti biasa. Meski tidak sedikit orang yang mengaku, tubuhnya jadi mudah lemas dan mengantuk ketika kerja dalam keadaan puasa.

Hal itu tentu bisa dimaklumi. Mengingat saat berpuasa, tubuh terhenti mendapat asupan makanan yang menjadi sumber energi. Ditambah lagi waktu tidur yang terpangkas karena harus bangun sahur, otomatis membuat tubuh mudah lemas saat beraktivitas.

Meski begitu, kewajiban ibadah puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ketika bekerja. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman penuh nutrisi, terutama saat sahur.

Baca juga : Teknik Podomoro, Manajemen Waktu Paling Efektif Saat Kerja

Bukan cuma makanan dengan  kandungan karbohidrat, lemak, dan protein saja, tetapi juga vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Sejumlah literatur yang ditulis para ahli gizi menyebut ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadikan seseorang tidak mudah lelah dan mengantuk meski harus kerja seharian dalam kondisi puasa.

Rekomendasi Menu Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, sawit hijau, dan lainnya merupakan sayuran yang banyak mengandung asam folat. Kandungan zat tersebut berfungsi sebagai asupan energi ke otak dan tubuh.

Nggak cuma itu, sayuran hijau juga punya banyak kandungan vitamin C dan vitamin K yang baik untuk tubuh agar lebih berenergi sehingga tidak mudah lelah atau mengantuk.

Bahkan sayuran jenis ini juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk  mencegah penuaan dini.

Teh Hijau

Para ahli menyatakan teh hijau mengandung sejumlah zat penting. Seperti Beta-karoten, Vitamin B3, Vitamin C, protein, lemak, zinc, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan beberapa zat lain yang bermanfaat meningkat kekebalan tubuh dan memberikan energi.

Baca juga : Memahami Integritas Dalam Bekerja Beserta Contohnya

Secangkir teh hijau ini yang diminum saat sahur dapat membantu tubuh tetap bugar saat beraktivitas.

Kedelai Edamame

Makanan berupa biji-bijian ini diketahui banyak mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serta, asam folat, serta beberapa vitamin seperti vitamin A,B, C, E, dan K.

Selain itu, kacang kedelai edamame juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, kasium, zinc, serta kalium.

Semua zat yang terkandung di dalam kacang tersebut membantu meningkatkan energi di dalam tubuh. Bahkan, mampu bertahan lama di dalam aliran darah. Sehingga, para pengonsumsinya tidak akan mudah lelah maupun mengantuk.

Alpukat

Buah yang sering diolah jadi juice ini diketahui banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, kalori, serat, vitamin A, C, D, dan E.

Nggak cuma itu, alpukat juga kaya akan riboflavin. Sehingga jika dikonsumsi akan menjadikan tubuh tetap bugar dalam waktu lama. Semua zat tersebut menjadi penyuplai energi di dalam tubuh. Sehingga tidak mudah lelah, lemas, atau mengantuk.

Pisang

Buah yang satu ini banyak mengandung vitamin dan serat. Bahkan, pisang memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang lebih banyak dua kali lipat dibanding apel.

Baca juga : Pertanyaan Interview Kerja Menjebak, Begini Cara Jawabnya

Bahkan lebih dari itu, kandungan vitamin A pada pisang diketahui juga lebih banyak lima kali lipat dibanding buah lainnya.

Pisang juga punya kandungan magnesium dan kalium yang mampu mengontrol kadar gula darah dalam keadaan stabil dan di tingkat normal, sehingga membuat orang yang mengonsumsinya jadi tidak mudah lelah dan ngantuk.

Telur

Selain protein yang sangat bagus pada bagian putihnya, telur juga kaya lemak baik pada bagian kuningnya. Telur juga mengandung banyak air, beta-karoten, dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K.

Pada telur juga terdapat thiamin, riboflavin, asam pantotenat, asam folat, hingga vitamin B12. Selain itu, sejumlah mineral seperti zat besi, magnesium, hingga zinc juga terkandung didalamnya.

Semua zat tersebut disinyalir mampu membuat orang yang mengonsumsinya tetap bugar dan kuat, termasuk tidak mudah mengantuk.

Yogurt Rendah Lemak

Makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi buat kamu yang menginginkan tubuh tetap bugar sepanjang hari, dan tidak mudah sakit alias memiliki kekebalan tubuh tinggi.

Karena yogurt memiliki banyak kandungan gizi berupa protein, energi, lemak, karbohidrat, mineral seperti kalsium, fosfor, natrium dan kalium. 

Yogurt juga mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A,  hingga vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12, vitamin C, vitamin D, serta vitamin E.

Baca juga : Bukan Pemborosan, Ini Manfaat Self Reward

Bahkan, di dalam yogurt juga terdapat asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin dan kolin. Dengan sederet kandungan zat yang baik bagi tubuh ini, yogurt disarankan untuk secara rutin dikonsumsi.

Itulah beberapa menu makanan dan minuman disarankan untuk dikonsumsi saat sahur selama bulan puasa. Agar saat bekerja tidak mudah lemas dan mengantuk sehingga bisa tetap produktif dan bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Jangan lupa kunjungi website SERA www.sera.astra.co.id serta follow media sosial di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir lainnya dan lowongan kerja terkini.

284
Tags
SERA