SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ini 5 Ciri Perusahaan Logistik yang Baik

Bagi perusahaan, kelancaran proses produksi hingga distribusi barang yang dihasilkannya sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan usaha. Meski, lancar saja tidaklah cukup, tetapi juga harus efektif dan efisien, baik dalam hal waktu maupun biaya.

Semakin lancar arus pengiriman barang, baik untuk kebutuhan produksi maupun distribusi ke pelanggan, maka semakin lancar juga pergerakan roda bisnis perusahaan. Semakin lancar, efekti, dan efisien, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, memilih perusahaan logistik yang tepat merupakan hal yang sangat penting dunia usaha. Memang, di era teknologi seperti sekarang, segala informasi tentang profil perusahaan bisa ditemukan dengan mudah, meski untuk memastikan kebenarannya belum tentu bisa dipastikan.

Sehingga, kecermatan dari perusahaan yang tengah mencari penyedia jasa logistik untuk menopang kegiatan bisnis tentu sangat diperlukan. Sebagai patokan atau pijakan untuk melakukan pemilihan perusahaan logistik yang akan dipilih, setidaknya ada lima ciri yang bisa dikenali.

Baca juga : Perbedaan Warehouse Dan Logistik Yang Mesti Dipahami

Kredibilitas

Pertama, perusahaan tersebut telah dikenal dan diakui kredibilitasnya oleh masyarakat pelaku bisnis secara luas. Bukan hanya profesionalitasnya saja yang diakui, tapi juga berpengalaman dalam memberikan layanannya.

Salah satu tolok ukur bisa dilihat dari banyaknya perusahaan atau pelanggan yang menggunakan jasanya. Semakin banyak, tentu bisa dipastikan perusahaan tersebut dipercaya oleh konsumen.

Infrastruktur

Kedua, memiliki infrastruktur yang memadai. Infrastruktur yang dimaksud bukan hanya armada transportasi seperti truk dan sejenisnya dalam jumlah besar serta kondisinya yang terawat dengan baik saja.

Tetapi juga Keberadaan gudang penyimpanan, kantor cabang dan jaringan bisnis lainnya, bahkan sarana teknologi pendukung untuk pelacakan barang yang tengah dikirimkan juga perlu dipertimbangkan.

Semakin bagus infrastruktur yang dimiliki, maka semakin profesional pula perusahaan tersebut karena membuat alur proses logistik semakin efektif dan efisien.

Baca juga : Dampak Langsung Pembangunan Infrastruktur Pada Bisnis Logistik

Sistem Layanan

Ketiga, sistem layanan. Umumnya, perusahaan logistik yang baik adalah perusahaan yang menyuguhkan layanan secara terpadu alias one stop service.

Sebab, konsep layanan seperti ini disuguhkan oleh perusahaan-perusahaan berkualitas karena membutuhkan dukungan finansial, sumber daya manusia, maupun teknologi terkini.

Biaya Layanan

Keempat, tarif atau biaya yang ditawarkan wajar dan sepadan dengan layanan yang diberikan. Sebab, jika perusahaan tersebut punya layanan terpadu atau one stop service, artinya setiap lini layanan dilakukan oleh perusahan-perusahaan yang berada di bawah satu naungan, maka bagi perusahaan itu tentu lebih mudah dan lebih murah biaya operasionalnya.

Karena biaya operasional yang semakin murah itulah, maka tarif atau biaya layanan yang ditawarkan kepada konsumen jadi fair juga wajar sepadan dengan layanan yang diberikan.

Solusi

Terakhir, mampu memberikan solusi yang tepat dan cepat jika terjadi masalah dengan pengiriman barang. Sehingga alur bisnis logistik mulai dari produksi hingga distribusi tidak terganggu.

Baca juga : Pengertian Dan Keunggulan Contract Logistic

Itulah beberapa ciri perusahaan logistik yang baik yang bisa dikenali sebelum menggunakan layanannya. Salah satunya SELOG perusahaan logistik yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA dan bagian dari PT Astra International Tbk.

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.

CONTRACT LOGISTICS

Merupakan jasa logistik terintegrasi dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring sehingga pelanggan bisa fokus pada kompetensi inti dan peningkatan keuntungan bisnis.

SHIPPING SERVICES

Jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.

SHIPPING AGENCY

Jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Baca juga : Pahami Ini Saat Menggunakan Shipping Agency

FREIGHT FORWARDING

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

WAREHOUSE AND YARD MANAGEMENT

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.

COURIER SERVICES

Jasa kurir ekspres untuk mengirimkan paket dengan kendaraan yang sesuai kebutuhan. Jasa ini terbagi dalam layanan standar (same day, next day, dan regular service).

Serta layanan solusi bagi yang membutuhkan layanan khusus VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket/barang berat yang terlalu besar bila dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Baca juga : NLE Masih Jadi Fokus Pemerintah Untuk Pertumbuhan Logistik Di 2024

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.sera.astra.co.id/

403
Tags
SELOG