SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Meneropong Masa Depan Pergudangan Indonesia

Bisnis Pergudangan Indonesia Alami Peningkatan Signifikan


Masa depan pergudangan Indonesia terlihat cerah, apalagi jika mengacu pada tren peningkatan yang terjadi setiap tahunnya. Ya, jasa pergudangan sendiri merupakan sebuah layanan yang menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang. Layanan ini kerap dimanfaatkan para pelaku ekonomi khususnya bagi pebisnis ekspor dan impor.


Baca juga : Mengenal Beragam Jenis Kendaraan Logistik


Dengan menyewa gudang, pelaku usaha bisa menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, dengan menyewa tempat di gudang maka keselamatan dan keamanan barang juga jauh lebih terjamin.


Pertumbuhan bisnis pergudangan Indonesia ini juga terus terjadi seiring dengan bergerliatnya perekonomian nasional. Termasuk di tahun 2022 lalu. Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek) saja, pertumbuhan bisnis ini mencatatkan hasil yang mengesankan.


Data Perkembangan Properti Komersial (PPKOM) yang dirilis Bank Indonesia (BI), beberapa waktu lalu menunjukkan sepanjang kuartal IV 2022, permintaan properti jenis komersial di wilayah itu tumbuh 0,14%. Pun pada kuartal sebelumnya yang mengalami peningkatan sebesar 0,06%.


Baca juga :Pertumbuhan Bisnis Logistik Di Era Digital


Kenaikan pertumbuhan tersebut dipicu oleh sektor jasa pergudangan yang terus menanjak, dengan rata-rata 15% - 20%. Peningkatan kebutuhan tempat gudang terbanyak berasal dari industri food & beverage (F&B) atau makanan dan minuman, serta gudang pusat distribusi dari perusahaan Cina dan Jepang.


Sementara, data Colliers menunjukkan sepanjang 2022, jenis industri logistic khususnya pergudangan berkontribusi sebesar 14,32% dari total transaksi di industri logistik. Di tahun itu juga, transaksi lahan industri yang meliputi penjualan lahan, sewa gudang, dan sewa lahan industri mencapai 212,74 hektare.


Capaian itu lebih tinggi dibanding total penjualan 2021 yang hanya mencapai 210,47 hektare. Hal ini menandakan sejak pandemi pada 2020, penjualan lahan untuk sektor logistik termasuk pergudangan selama 2022 merupakan yang tertinggi.


Baca juga : Pentingnya Manajemen Sistem Keselamatan Dalam Bisnis Transportasi


Prospek Pergudangan Indonesia Kian Menjanjikan

Bicara soal prospek bisnis pergudangan Indonesia, sejumlah kalangan optimis bisnis ini sangat menjanjikan di masa mendatang. Hal itu tentu tak lepas dari beberapa faktor pendukung, yakni:


  • Kondisi geografis Indonesia

  • Pertumbuhan tingkat konsumsi masyarakat

  • Pertumbuhan ekonomi

  • Model bisnis pengiriman barang yang beralih ke sistem e-commerce


Kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, membutuhkan banyak gudang. Terlebih, konsumsi masyarakat tidak mengenal musim sehingga terus meningkat, terlebih jika kondisi ekonomi yang berpotensi terus meningkat.


Tetapi, faktor yang tak kalah penting dalam menunjang perkembangan sektor pergudangan adalah model bisnis yang kini berbasis teknologi digital, atau e-commerce.


Persediaan barang untuk mengantisipasi pesanan konsumen agar terkirim secara cepat dan tepat waktu, membutuhkan tempat penyimpanan yang sangat layak.


Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Transportasi Dan Logistik Di Indonesia


Namun, bagi calon pengguna jasa pergudangan faktor kemudahan layanan, kondisi dan kualitas fasilitas pergudangan, termasuk akses ke pusat-pusat pengangkutan barang ekspor dan impor wajib diperhatikan.


Sebab, selain keamanan dan keselamatan barang, kecepatan pengangkutan barang juga menjadi faktor penting bagi perusahaan.


Oleh karena itu, memilih perusahaan jasa logistik yang juga menyediakan jasa pergudangan sangatlah penting. Pastikan perusahaan yang memiliki layanan jasa secara menyeluruh dalam satu pintu (one stop services).


Terkait hal itu, PT Serasi Logistic Indonesia atau SELOG bisa jadi solusinya. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya yang notabene juga bagian dari grup Astra ini dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


SELOG sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan jenis layanan yang beragam.


Baca juga : Fungsi Penting Transportasi Dalam Logistik


Jenis Layanan Logistik SELOG


Contract Logistics

Bagi pelanggan yang ingin tetap fokus pada kompetensi inti dan demi peningkatan keuntungan bisnis, kebutuhan logistik sudah bukan lagi hambatan karena SELOG menyediakan layanan logistik terintegrasi dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics.


Saat ini SELOG juga telah mengelola jasa contract logistics untuk ekspor dan impor kendaraan roda empat dan alat berat berikut komponen-komponennya.


Shipping Services

Untuk pengiriman kargo di dalam negeri, SELOG juga memiliki jasa pengiriman dan distribusi  dengan moda transportasi laut. Layanan SELOG memiliki reputasi yang sangat baik sebagai penyedia jasa transportasi laut yang berkualitas, yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, industri alat berat, dan muatan lainnya.


Shipping Agency

SELOG juga membuka jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services (JSS) sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.


Baca juga : Transportasi Dan Logistik Terbukti Memicu Pertumbuhan Perekonomian Nasional


Freight Forwarding

Untuk alat berat atau kargo lainnya, SELOG menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.


Warehouse and Yard Management

Untuk kebutuhan supply chain Anda, SELOG menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. SELOG memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.


Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.


Selain itu, SELOG juga menyediakan layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang Anda tiba dengan aman tanpa kerusakan.


Courier Services

Jasa kurir ekspres SELOG juga siap untuk mengirimkan paket Anda dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, layanan SELOG terbagi ke dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service.


Dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.


Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


2075
Tags
SELOG